Senin, 05 November 2012

Mengenal Adobe Photoshop CS5

Mengenal Adobe Photoshop CS5 | Photoshop – Pada postingan anomiemine sebelumnya, sedikit dijelaskan tentang belajar desain grafis dengan salah satu aplikasi grafis komputer yaitu Adobe Photoshop. Kini anomiemine akan berbagi tulisan lagi dengan sobat, namun belum ke tahap praktek atau proses editing gambar. Masih dalam tahap awal belajar, yaitu mengenal aplikasi desain grafis yang sering akan saya gunakan untuk desain grafis, Adobe Photoshop CS5.

photoshop cs5
Sebenarnya aplikasi desain grafis ini sudah keluar versi terbarunya, yaitu Adobe Photoshop CS6. Namun karena belum sempat memilikinya, saya masih menggunakan CS5 yang menurut saya sudah cukup memiliki kemampuan dan fitur cukup canggih untuk desain grafis.

Terdapat dua versi CS5, yaitu Adobe Photoshop CS5 32-bit dan 64-bit. Karena sistem pada komputer saya 32-bit maka yg saya gunakan yang 32-bit. Kalo sobat memiliki sistem komputer 64-bit dan memiliki 4GB RAM, sobat dapat menggunakan versi 64-bit untuk memperoleh kecepatan saat bekerja dan kemampuan untuk editing gambar dengan ukuran super besar serta komposisi gambar yang lebih rumit.

Adobe Photoshop CS5 memiliki kemampuan untuk menciptakan ruang kerja (Workspace) yang disesuaikan dengan kebutuhan sobat sendiri, menyimpan palet terbuka, toolbar, pengaturan menu, dan pilihan antarmuka pengguna lain untuk akses lebih cepat. Aplikasi ini cocok untuk workspace standar untuk desain grafis, fotografi, lukisan, gambar 3D, maupun edit gambar bergerak.

Ruang kerja (Workspace) pada Adobe Photoshop terdiri dari beberapa komponen, antara lain:

- Menu Bar = Terdapat membentang di bagian atas jendela Adobe Photoshop yang memuat beberapa pilihan menu untuk photoshop.

- Options Bar = Berada tepat dibawah menu bar yang berfungsi untuk memuat pilihan menu kontekstual dari berbagai tool photoshop yang kita gunakan saat bekerja.

- Toolbox = Secara default toolbox berada di sebelah kiri jendela adobe photoshop. Toolbox ini memuat shortcut berbagai macam tool yang ada pada photoshop.

- Palettes atau Panel = Terletak disebelah kanan jendela photoshop yang memuat informasi atau opsi untuk bekerja dengan file sobat. Setiap palet ditandai dengan tab, yang dapat diminimmize, ditutup, dikelompokkan dengan palet lain, atau diseret masuk dan keluar dari panel dock.

- Document Windows = Setiap dokumen gambar yang kita buka memiliki jendela dokumen (Document Windows) sendiri dengan status bar di bagian bawahnya. Status bar menampilkan berbagai informasi khusus dokumen seperti ukuran, dimensi dll.

photoshop window

Kita dapat mengatur Workspace sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita bekerja, beberapa hal yang dapat kita lakukan antara lain:

1. Mengubah tampilan menu bar

Kita dapat mengubah item menu yang terlihat pada menu bar, dan bahkan menambah warna item menu tersebut. Kita juga dapat menetapkan shortcut keyboard untuk menjalankan perintah menu. Pergi ke Edit> Menu> kemudian gunakan kotak dialog yang muncul untuk memodifikasi menu bar dan menu palet.

2. Memindah options bar

Jika kita ingin memindahkan options bar, kita dapat melakukannya dengan menahan klik kanan mouse dan mengarahkan kursor tepi sebelah kiri option bar, secara otomatis option bar akan dapat digerakkan dan dipindah ke daerah lain di photoshop window.

3. Menata ulang palette atau panel

Kita dapat menata ulang palette sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan saat kita bekerja, caranya sama dengan cara memindahkan option bar. Palette dapat dipindahkan kedalam atau keluar panel dock, dikelompokkan dengan palette lain, atau dipindahkan dari satu dock ke dock lainnya. Untuk menampilkan palet yang telah ditutup, pergi ke Window pada menu bar dan pilih palet yang ingin ditampilkan.

4. Mengatur informasi gambar yang ditampilkan pada status bar

Kita dapat mengatur status bar untuk menampilkan informasi yang berbeda dari gambar proyek kita, seperti dimensi gambar dalam pixel maupun ukuran metrik. Untuk melakukannya, klik pada ikon panah di samping status bar, pilih informasi yang ingin kita lihat.

5. Menyimpan Workspace Custom

Setelah kita mengatur letak maupun tampilan menu, options, palettes dan shortcut keyboard sesuai dengan kebutuhan. Kita dapat menyimpan workspace kita untuk digunakan pada proyek gambar lainnya. Untuk save workspace, pilih Window> Workspace> New Workspace (seperti yang terlihat pada gambar)

workspace save

Demikianlah artikel tentang Mengenal Adobe Photoshop CS5, nantikan postingan tentang tips photoshop lainnya. Jangan lupa membaca artikel lain dengan topik Photoshop di blog ini. Sekian dan terima kasih Semoga berkenan dan bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar